BREAKING

Saturday, November 23, 2013

Ini kisahku dan Bidadari kecilku


Bidadari kecilku
          Namanya  Meidina Assyafa Arief, lahir pada tanggal 22 mei 2013 pukul 02.25, dengan berat badan 3300 gram dan panjang 50 cm. Hari – hari pertama kelahirannya, dia Nampak sehat, tapi sayang tanda adanya kelainan pada perut dan wajah itu mulai datang pada hari ke-5 setelah kelahirannya. Awalnya Cuma ada goresan kecil dimuka dan perutnya yang selalu kembung disertai BAB yang encer. Sebagai seorang ibu,saya kaget melihat keanehan yang terjadi pada bayi saya.
Usia 2 minggu,sayapun membawa Meidina untuk berobat ke dokter spesialis anak, setelah diperiksa dokter itu Cuma memberi obat oral untuk Meidina dan bilang itu kembung biasa,mungkin Cuma pengaruh makanan yang saya makan, berhubung Meidina masih Asi.Saya pun disuruh mengurangi konsumsi makanan yang proteinnya tinggi seperti:kacang2an, udang, cumi2, kerang2an dll. Sedangkan goresan yang dimuka dokter itu bilang kalau itu ‘Hemangioma’ dan akan menghilang sendiri seiring bertambahnya usia Meidina. Mendengar penjelasan si dokter,sayapun sedikit lega,dan mulai mngurangi konsumsi makanan yang disarankan oleh dokter.

2 minggupun telah berlalu,tapi tidak ada perubahan pada perut Meidina,tetap kembung dan BAB yang tetap encer ditambah dengan pembengkakan pada kemaluan Meidina tepatnya pada labia mayora sebelah kiri disertai dengan pengeluaran nanah dan demam. Goresan pada muka pun makin hari makin melebar dan menebal. Saat itu saya panik dan segera membawa Meidina ke dokter itu lagi.setelah diperiksa lagi2 sang dokter bilang gak pa2 nanti juga akan sembuh sendiri,itu Cuma keputihan yang biasa terjadi pada bayi baru lahir, dalam hati sebenarnya tidak puas dengan penjelasan dokter karena setau saya kalau keputihan  itu muncul pada 3-5 hari pertama setelah lahir,sedangkan ini sudah usia 4 minggu dan jelas – jelas saya lihat kalau yang keluar dari vaginanya itu nanah. Tapi dokter itu tetap meyakinkan saya,akhirnya dengan agak berat hati saya terima penjelasan dan obat dari dokter tersebut. 3hari berlalu,obat oral untuk Meidina pun belum habis, saya dikejutkan dengan keadaan Meidina yang BAB lewat anus dan vagina secara bersamaan,tanpa pikir panjang saya cepat2 bawa Meidina ke dokter itu lagi.Saya beritahukan kalau Meidina BAB lewat anus dan vagina bersamaan, dengan ekspresi wajah yang agak kurang percaya,dokter itupun memeriksanya, saat melepaskan popok Meidina bersamaan itu juga dia BAB. Betapa terkejutnya ekspresi wajah si dokter dan segera merujuk Meidina ke dokter spesialis bedah anak.

Tanpa pikir panjang lagi saya bawa Medina ke dokter spesialis bedah anak. Sesampainya di dokter bedah anak, saya harus mendengar kalau Meidina harus dioperasi kolostomi karena telah terjadi fistel recto vagina yang disebabkan karena adanya Malformasi AnoRectal atau kelainan bentuk anus. Operasi ini minimal dilakukan 3 kali dengan durasi 2-3 bulan tergantung dari kondisi bayi.

Saat itu rasanya badan seperti serasa lumpuh,lemas,dan gak tau harus berbbuat apa. Rasanya gak kuat kalau harus melihat Meidina menderita. Mungkin ini kado dari Allah SWT buat saya di hari ulang tahun yang ke-30. Saya percaya Allah memberikan cobaan ini karena Allah tau kalau saya kuat dan mampu melewatinya. Kalau saya lemah dan menyerah bagaimana dengan Meidina??.... Dia bagaikan bidadari yang dihadirkan dalam kehidupan rumah tangga kami. Untuk Meidina anakku, bunda akan selalu ada disampingmu, menjagamu, menemanimu melewati cobaan ini………

Tanggal 9 juli 2013 pukul 12.00 wita operasi pertama pun dilakukan,diawali dengan dipuasakannya Meidina dari pukul 8 pagi. Operasinya sendiri berlangsung selama hampir 3 jam,saat itu tak bisa dibayangkan bagaimana perasaan seorang Ibu yang mengalami situasi yang sama,mungkin Cuma ibu2 yang mengalami kisah yang sama yang bisa merasakan hal yang serupa. Pukul 14.50 wita Meidina dipindahkan dari kamar operasi keruang ICU. Dokter yang mengoperasi Meidina pun keluar memberi selamat dan memberitahukan kalau operasi lancar dan kondisi Meidina cukup stabil.

Setelah operasi hari-hari berikutnya dilalui dengan kesibukan baru,yaitu perawatan  kolostominya Meidina dari mengganti perban tiap 1 jam, sesuai petunjuk dokter,masalahnya Meidina gak pakai kantong kolostomi,selain harganya yang lumayan mahal,juga ukurannya gak ada yang sesuai untuk ukuran bayi.

2 bulan berlalu,Meidina harus menjalani operasinya yang ke-2. Sayapun mempersiapkan segalanya untuk perwatan di RS, tapi sayang setelah beberapa hari dirawat kondisi Meidina tidak memungkinkan untuk dioperasi berhubung kadar leukositnya tinggi,ditakutkan akan terjadi sepsis dan infeksi pasca operasi. Akhirnya operasi pun ditunda sampai kondisinya stabil.


Tanggal 1 oktober 2013 oprasi ke 2 pun dilaksanakan pada pukul 15.00 wita,yang berlangsung selama 3 jam,sedikit lebih lama dari operasi pertama karena resikonya juga yang sedikit lebih besar. Operasi ke 2 ini untuk menutup fistel/lubang dari anus ke vagina,menarik turun sedikit posisi rectum dan melebarkan lubang anus. Alhamdulillah operasi ke 2 pun berjalan dengan lancar.


Sekarang,saat saya menuliskan kisah ini,usia Meidina genap 6 bulan,dia sudah mulai belajar tengkurap,sedikit telat,mungkin pengaruh sakitnya.sudah bisa berceloteh ‘ma ma’ dan ‘pa pa’. Sambil menunggu untuk operasi yang ke 3 yang Insya Allah akan dilaksanakan pada pertengahan Desember 2013. Untuk para pembaca saya mohon selipkan doa untuk kesehatan,keselamatan dan kelancaran operasi Meidina dalam doa anda. Terima kasih banyaaaaaak….. untuk doa yang anda panjatkan buat bidadari kami,semoga Allah memberikan pahala yang berlipat ganda untuk anda semua,Amien Ya Rabb……


untuk bidadari kecilku.................
Saat pertama melihatmu, bahkan hingga kini…
Adalah keajaiban bagiku
Saat pertama memelukmu, bahkan hingga kini…
merupakan keindahan yang selalu menggetarkan kalbuku
Memilikimu dalam hidupku…
adalah bukti kesempurnaan kasih Allah swt padaku
kuatkan dirimu bidadariku,bunda akan selalu disampingmu,menjagamu,menemanimu melewati cobaan ini.... "cps
..'"
Meidinaku,senyummu menguatkanku,
celotehmu menginspirasiku menuliskan kisah ini  
Sedikit berbagi dengan ibu2 yang punya anak  post op kolostomi,ada cara lain yang bisa digunakan untuk menutup stoma/kolostominya selain dengan kolostomi bag yaitu dengan pembalut yang di potong menjadi 2 bagian dan di lubangi tengahnya sesuai ukuran stoma/mulut kolostomi.

Cara perawatan kolostomi ala Meidina :Bersihkan stoma dan sekeliling dengan menggunakan cairan Nacl setelah itu keringkan dengan menggunakan kassa steril. Oleskan salep cinolon-N untuk mencegah dan mengobati iritasi disekitar stoma. Tutup kassa steril disekeliling stoma setelah itu letakkan pembalut yang telah dilubangi diatasnya, kemudian lubang pada pembalut ditutup lagi dengan kassa steril,dan berikutnya tutup dengan tissue. Yang terakhir bebat dengan menggunakan gurita. Fungsi dari pembalut disini adalah untuk menyerap air dari kotoran yang keluar agar tidak terjadi iritasi.

Itu sedikit tips dari Meidina..........

  • Terima kasih untuk keluarga besarku
  • Terima kasih  untuk keluarga besar Puskesmas Rampi Kab.Lutra Sul-sel
  • Terima kasih untuk keluarga besar SDi Samata Kab.gowa
  • Terima kasih yang sebesar-besarnya untuk para dokter dan paramedic yang telah membantu merawat Meidina..

Gowa,22 November 2013
With Love
Meidina

About ""

Terima kasih telah berkunjung ke blog ini. Kunjungi terus blog ini untuk mendapatkan update info terbaru mengenai Kesehatan, Pendidikan, dll. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar anda..

14 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum bunda . bagaimana kabar Meidina sekrang ? Lalu bagaimana kondisi hemangioma yg diwajahnya? Share ya bunda. Kebtulan anak saya terkena hemangioma jg dhidung. Saya sdang bingung apa yg terbaik. Menunggu hilang / dlaser/dbedah.trimakasih

    ReplyDelete
  3. Assalamuallaikum bunda. Bagaimana kabar meidina? Share y bun. Bayi saya usia 2 bulan mengalami kondisi yg sama dengan meidina. Bab lewat vagina dan anus.mohon kesediaan bunda share dengan saya. Karena saya sangat syok ketika bayi saya harus 3 x operasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan untuk mematahkan semangat Bunda, SMG anak bunda cepat sembuh.. (Bunda Meidiana)

      https://penyairsyair.blogspot.com/2014/10/bidadari-kecilki-telah-pergi.html?m=1

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Anak saya juga mengalami hal yang sama. Oprasi kolostomi saat usia 2 hari. Skrg usianya sudah 1,5 bulan. Menunggy untuk op yg ke 2.
    Kendala perawatan saat ini memang prihal kantong yang sering bocor,padahal harganya luar biasa. Mau coba pakai plastik es tapi takut alergi. Klo pakai cara bunda meidina hrs di ganti tiap 1 jam?

    ReplyDelete
  6. Anak saya juga mengalami hal yang sama. Oprasi kolostomi saat usia 2 hari. Skrg usianya sudah 1,5 bulan. Menunggy untuk op yg ke 2.
    Kendala perawatan saat ini memang prihal kantong yang sering bocor,padahal harganya luar biasa. Mau coba pakai plastik es tapi takut alergi. Klo pakai cara bunda meidina hrs di ganti tiap 1 jam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Diganti tiap satu jam untuk mencegah lembab dan iritasi.. (Bunda Meidiana).

      Delete
  7. Bunda bagaimana kabar meidina
    Tolong bagi tips y dong bunda
    Bagaimana cara merawat bayi pasca oprasi kolostomi,kebetulan bayi saya pun menderita penyakit yg sama ketika dia berusia 3 minggu sudah d oprasi kolostomi, apa ada pantangan buat ibu nya agar bayi nya terjaga dalam asupannya
    Tolong bagi pengalamannya y bunda

    ReplyDelete
  8. Bunda bagaimana kabar meidina
    Tolong bagi tips y dong bunda
    Bagaimana cara merawat bayi pasca oprasi kolostomi,kebetulan bayi saya pun menderita penyakit yg sama ketika dia berusia 3 minggu sudah d oprasi kolostomi, apa ada pantangan buat ibu nya agar bayi nya terjaga dalam asupannya
    Tolong bagi pengalamannya y bunda

    ReplyDelete
  9. Anak saya juga mengalami hal yg sama tapi sekarg ank saya sudah tutup kalostomi nya yg brlangsung 2 jam saat oprasi. Allhmdllh skrg ank sya oprasi nya lancar. Pas sblm di tutup kalostomi nya saya cuma menggunakan tisuu sebnyk mungkin lalu di pakai pempes untuk menahan tisu allhmdllh slma 6 tahun ank saya tidak infeksi dan aman2 aj.

    ReplyDelete
  10. anak saya juga harus operasi kalodtomi. tepatnya tgl 15 feb 2019 saya diinfokan oleh dokter bahwa anak saya harus menjalani operasi kalostomi dikarenakan lubang anus yg terlalu sempit. awalnya dokter bilang lubang anus nya ada dan mgkn akan diperbesar namun setelah dicek oleh dokter selama 1 minggu anus anak saya tetap sempit dan pada akhirnya saya harus mendengar dokter berbicara pada saya "ibu anaknya harus menjalani operasi kalostomi senin tgl 18 feb 2019" dikarenakan utk lubang anus anak ibu terlalu sempit takut nnt terjadi inveksi di saluran tinjanya" saat mendengar kata2 dokter rasanya duniaku sprt berhenti dan aku coba tanyakan kembali ke dokter, apakah mmg harus dilakukan kalostomi dokter ? apakah tidak ada solusi lain. karena anak saya memiliki anus namun hanya sempit saja. dokter bilang ia ibu.harus dilakukan kalostomi. sebagai ibu dan mendengar tangisan anak saya saat dicek oleh dokter dgn memasukkan besi ke dubur anak saya. hati saya hancurr dan saya merasa sempat gagal menjaga bayi saya selama didalam kandungan. namun dgn kekuatan dari Tuhan dan sharing dgn ibu2 yg anaknya juga harus menjalani kalostomi. saya semangat dan saya yakin operasi anak saya lancar dan anak saya akan sehat kembali. saya mohon doa nya ya ibu2 agar operasi anak saya dihari senin tepatnya tgl 18 feb 2019. berjalan lancar dan cepat pulih. saya semakin semangat dan optimis setelah membaca comment2 disini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya bertambah semangat saya. ternyata saya tidak sendirian.bidadari kecilku d usia 2 bulan sama harus dilakukan operasi kolostomi karena malpormasi anorektal anus bayi saya tidak berkembang sempurna yg bikin dia nangis kejer tiap kali BAB.Hancur hati saya menerima kenyataan tapi saya pasrahkan takdir ini kepada Sang Maha Penyembuh. minta doanya kepada para pembaca komentar insyaallah anak saya bln ini akan di operasi yg pertama. semoga Allah memberi kesembuhan kemudahan dan kekuatan untuk kita semua pejuang kolostomi. Amin

      Delete
  11. Ank Sy juga. Tgl 6 Februari 2019 operasi.. 4 hari setelah kelahirannya. Saat Sy menulis ini anak Sy berumur 1 bulan 6 hari. Pakai colostomy bag. Sehari 2x ganti. Ada iritasi disekitaran anus buatanya...gak murah memang colostomy bag, Sy beli mulai dr yg harga 30-50rb, skrang baru mau coba yg murah harga 600rb. ASI istri sySy Tidak lancar, bayi hrs diberi susu kaleng. Susunya khusus, disarankan Pregistimil..harganya 500rb,mahal trnyata Krn ada info kl gak akan diproduksi lagi. Ganti susu Neocat 300ribuan. Sy bkn orang berpenghasilan lebih. Bukan cukup tp lebih ke pas2an. Tp sebagai kepala keluarga demi anak apapun Sy lakukan, kerja ibarat kaki kjadi kepala,kepala jd kaki.info dr dokter operasi ke 2 dilakukan bila berat badan anak 5kg. Berat badan sekarang 2,3kg.. kecil memang lahir jg 35bulan.

    ReplyDelete

 
Copyright © 2013 Yuli's Blog
Design by FBTemplates | BTT